News Detail

Gini Rasanya Jadi Miba di PKN Stan

Halo temen-temen staners! Udah lama ya admin gak nulis, maklum ya jadwal sibuk hehe:v kali ini admin ingin narik tema yang ringan-ringan aja deh, gak panjang-panjang juga dan mungkin temen-temen staners ada beberapa yang sudah tau, tetapi masih ada kemungkinan ada yang belum tahu kan? Tunggu apalagi kuy berselancar bagaimana sih kehidupan mahasiswa di kampus PKN STAN?

Perlu diingat kalau ini berdasarkan pengalaman admin selama belajar di sini. Mungkin pertama kali admin menginjakkan kaki di kampus ini, ya tidak dapat dipungkiri kalau admin sangat amaze terhadap potret air mancur kampus di siang hari. Karena memang kampus ini merupakan mimpi yang paling admin impi-impikan, admin sempat tidak percaya kalau admin akan belajar di kampus ini. Dan apa yang harus admin tanggung? Ya pertanggungjawaban untuk selalu belajar dan seraya bersyukur karena pasti Allah swt. menakdirkan admin untuk berkuliah di sini dan pasti harus admin jalankan dengan sebaik-baiknya. Bayangkan saja dari ratusan ribu pelamar di PKN STAN dan kita ditakdirkan lulus oleh Allah swt. itu berarti kita tidak boleh menjadi pribadi yang mengecewakan bukan?

Awalnya admin juga ragu apakah admin bisa mengikuti pelajaran di kampus karena the lessons were totally new for me and I was like could I adapt well here? Dulunya admin SMA jurusan IPA dan masih berkurikulum KTSP, otomatis admin tidak mempelajari pelajaran peminatan seperti ekonomi, akuntansi atau apalah itu. Apalagi jika disandingkan dengan lulusan SMA yang berada di jurusan IPS, awalnya admin sempat minder karena tidak dipungkiri bahwa pengetahuan mereka tentang akuntansi, pajak, hukum atau yang lainnya jauh lebih tinggi daripada admin yang bahkan dulu tidak tahu apa itu surat pemberitahuan (SPT) *aduh apaan sih min?* karena ya saya selalu berkutat dengan hukum Newton, Archimedes, Kimia Dasar, NaCl, KOH, CH3COOH, reaksi pembakaran dan yah harap maklum karena dulu admin paling seneng kalo udah bahas kimia *tolong diabaikan*

Oke lanjut ya, ternyata semua diluar ekspektasi admin. Karena mungkin tidak seperti di tempat lainnya karena di kampus STAN semua diajari dari 0, benar-benar 0. Dimulai dari apa itu akuntansi, apa macam-macam utang (liabilities), apa itu macam-macam assets, serta dikenalkan apa itu SPT bagaimana bentuk SPT PPh tahunan, SPT Masa PPh, SPT PPN, SSP, dan surat-surat penting lainnya yang gak mungkin mimin sebutin satu-satu. Ya admin menulis ini karena kebetulan admin di jurusan pajak jadi nyebutnya ya dokumen-dokumen yang terkait dengan perpajakan. Kalau dokumen-dokumen tentang bea cukai, atau kebendaharaan negara ya mungkin mimin butuh belajar lebih lanjut lagiJ

Nah, hal lain yang buat mimin betah banget berkuliah di kampus STAN itu karena gak dapat mimin pungkiri kalo orang-orang di kampus menurut mimin sih ramah-ramah dan jiwa saling membantunya begitu kuat. Walaupun berambisi tetapi sepertinya kami masih peduli satu sama lain. yah begitu menurut mimin, walau terkadang tidak sedikit juga mahasiswa yang pendiem anteng kalem semua-semuanya deh tetapi jika sudah berbaur mereka semua baik-baik banget.

Selain itu peraturan di kampus juga sangat ketat. Ingat ya, peraturan ketat di kampus bukan tanpa alasan karena mahasiswa PKN STAN ini diharapkan akan menjadi calon ASN negara yang berdisiplin dan berkualitas. Di kampus ini kita akan digembleng secara kongkrit demi menghasilkan generasi-generasi lebih baik lagi dan selalu tulus dalam mengabdi kepada negara. So, jangan ngeluh kalau dikit-dikit ini ga dibolehin sama kampus, begini dikit ga boleh, begitu dikit ga boleh. Ingat ya, kalau sudah berada di kampus ini tujuan kita bukan untuk gaya-gayaan semata, bukan untuk sekedar eksis sana sini berootd ria melainkan kita harus memberikan yang terbaik, bukan demi diri kita sendiri tetapi bagi rakyat Indonesia.

Dan yang terakhir… mungkin… hehehe… kita kuliah di PKN STAN gratis tanpa dipungut biaya apapun (pengecualian untuk makan, kos, atau hiburan pribadi) semua biaya ditanggung oleh rakyat, semua fasilitas dibuat dari uang rakyat, semua kenyamanan dan keindahan kampus tidak lain adalah hasil kerja keras rakyat. Rakyat mempercayakan mahasiswa-mahasiswa di kampus STAN untuk terus belajar agar bisa melayani kepentingan publik yang lebih baik lagi.

Mungkin admin hanya bisa memberikan motivasi saja karena admin sendiri juga perlu belajar lebih lagi. Semoga saja temen-temen staners bisa mengubah mindset kalau belajar di kampus PKN STAN terjamin, bergaji banyak dan hidupnya pasti berkecukupan. Ya itu memang harapan kita semua tetapi alangkah baiknya kalau mindset utama kita belajar di kampus STAN tidak lain hanya untuk SIAP mengabdi kepada negara kita tercintaJ

Sekian dan terima kasih… mohon maaf atas kekurangannya ya.. karena manusia adalah tempatnya salah…

Tetap semangat temen-temen staners! Kejar mimpimu setinggi mungkin

 

 

Penulis

Suci Wulandari

Mahasiswa PKN STAN D1 Pajak 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare

Enter your keyword